Sunday 26 July 2009

PMR


Siapa yang tak kenal dengan unit organisasi siswa yang satu ini ? berbalut seragam putih-putih dan syal warna biru, punya atribut logo berupa palang merah, biasanya bertugas di saat upacara bendera atau event-event saat orang membutuhkan pertolongan medis darurat, yup….dialah sang Palang Merah Remaja (PMR). Istilah yang mirip-mirip dengan Palang Merah Indonesia (PMI), tapi kalau dilihat dari kepanjangannya seh ada yang mirip yakni palang merah-nya. PMR dan PMI sebenarnya tidak jauh-jauh amat perbedaannya, keduanya dilihat dari tujuannya adalah sama-sama membantu dan memberi pertolongan pertama kepada sesama manusia yang membutuhkan bantuan medis, so dua organisasi ini mengusung tujuan yang mulia membantu sesama manusia tanpa membedakan suku, agama, ras, dan bangsa. Hanya saja PMI mempunyai struktur organisasi dan kerja yang lebih besar dan profesional, tapi PMI juga memiliki keterkaitan yang erat dengan PMR, setidaknya sebagai suatu wadah pengkaderan dan perekrutan anggotanya.
PMR bisa kita jumpai baik di tingkat SMP, SMA dan perguruan tinggi. Pada umumnya para personnelnya bertugas di saat pelaksanaan acara-acara ceremonial dan event-event resmi yang melibatkan massa besar. Seperti halnya di SMP Pasundan Rancaekek, para anggota PMR di harapkan tidak hanya bertugas untuk latihan doang….tapi masih banyak lagi yang lain seperti memberikan pertolongan pertama bagi siswa yang mengalami gangguan kesehatan saat jam-jam sekolah, mengkomunikasikan gaya hidup sehat, pemeliharaan sanitasi dan hygenis dan lain sebagainya, kita kembali ama kegesitan “sang medis kecil” ini……..sumbangsih dan partisipasi mereka dalam membantu kususnya penangan medis pada saat keadaan darurat patut kita acungkan jempol, tanpa pamrih dan motivasi apapun mereka secara sigap memberikan penanganan medis pertama bagi para siswa yang mengalami gangguan kesehatan.
Seberapapun kualitas pertolongan yang diberikan PMR ini, kita patut menghargai jasa-jasa mereka, walaupun Cuma obat kayu putih, balsem dan secangkir teh manis, kita tetap menantikan kehadiran mereka ditengah-tengah aktifitas kita di sekolah. Yang jelas tangan-tangan kecil dan sentuhan kasih mereka adalah obat ampuh dikala para siswa membutuhkan pertolongan segera selama di sekolah. Maju terus PMR-ku….cucuran keringatmu adalah wujud kasih sayang kepada umat manusia……..

No comments:

Post a Comment