Tuesday 7 July 2009

LAMBANG OSIS


ARTI BENTUK DAN WARNA LAMBANG OSIS

1. Bunga Bintang sudut lima dan lima kelopak daun bunga
Generasi muda siswa adalah bunga harapan bangsa, bunga berwarna putih menunjukan kemurnian jiwa siswa yang berintikan pancasila, dilukiskan dalam bentuk bintang sudut lima. Para siswa berdaya upaya nelalui jalan dengan kesungguhan hati, agar
menjadi warga Negara yang baik dan berguna. Kelima jalan tersebut dilukiskan dalam bentuk lima kelopak daun bunga, yaitu abdi, adab, ajar, aktif dan amal.
Menenai ajar, aktif dan amal, yaitu kewajiban utama siswa dengan landasan abdi
(terhadap Tuhan Yang maha Esa, loyalitas etrhadap bangsa dan Negara) dan adab
(terhadap orang tua, guru dan pimpinan) dijelasakan lebih lanjut dengan ganbar

2. Buku Terbuka
Kewajiban utama siswa yang pertama, adalah “belajar keras” menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan usaha penalaran ini dunia pengetahuan akan dimiliki dan sumbangsih siswa terhadap pembangunan bangsa dan Negara akan lebih meningkat.

3. Kunci Pas
Kewajiban utama siswa yang kedua adalah “bekerja keras”. Kemauan bekerja keras dan kesenangan bekerja akan menumbuhkan rasa percaya pada kemampuan diri dan bebas dari ketergantungan pada kedermawanan/belas kasihan orang lain. Keterampilan praktis yang segera dapat dirasakan manfaatnya bagi bekal hidup siswa, bila dimiliki, meyebabkan siswa berani mandiri. Kunci pas adalah alat kerja yang dapat membuka semua permasalahan dan kunci pemecahan dari segala kesulitan.

4. Dua Tangan Terbuka
Kewajiban siswa yang ketiga dalah “berbakti”. Kesediaan menolong orang lain yang lemah dan kurang ; sesame siswa dan masyarakat yang memerlukan bantuan dan pertolongan, bila dilaksanakan secara spontan (peka dan tanggap) menunjukan adanya sikap mental siswa yang baik dan bertanggung jawab.

5. Biduk
Wadah usaha pembinaan OSIS, yang digambarkan dengan bentuk sebuah biduk/perahu, yang melaju dilautan hidup menuju masa depan yang lebih baik, yaitu tujuan nasional yang dicita-citakan.

6. Pelangi Merah Putih
Tujuan nasional yang dicita-citakan (digambarkan seperti bentuk jembatan pelangi merah putih) adalah masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera ( gambir bentuk padi dan kapas ) baik materiil maupun spiritual.

7. Tujuh butir padi, Delapan lipatan pita, Empat buah kapas,dan Lima daun kapas.
17 - 8 -1945 adalah peristiwa penegakan jembatan emas kemerdekaan Indonesia mengandung nilai-nilai perjuangan 45 yang harus dihayati para siswa, sebagai kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional. Kemerdekaan yang telah ditebus dengan mahal perlu diisi dengan pertisipasi penuh para siswa.

8. Warna Kuning
Sebagai dasar lembang adalah warna kuning yaitu warna kehormatan/agung. Adalah suatu kehormatan, bila para generasi muda siswa diepercaya dan diberi kepercayaan untuk berbuat yang baik dan bermanfaat melalui organisasi, untuk kepentingan dirinya dan sesame mereka, sebagai salah satu sumbangsih nyata kepada tanah air, bangsa dan Negara.

9.Warna Coklat
Warna coklat adalah warna tanah Indonesia ; berpijak kepada kepribadian dan budaya sendiri serta nasional Indonesia.

10. Warna Merah Putih
Warna merah putih adalah warna kebangsaan Indonesia ; dengan hati yang suci berani membela kebenaran

No comments:

Post a Comment